Mat-Kul PIE MIKRO

Posted: December 15, 2010 in Kuliah

PIE MIKRO …. uhhhh bener-bener mata kuliah paling susah yang saya pelajari di jurusan ini !

Nama Dosenya adalah Pak Cupian. Beliau orang yang menyenangkan ketika mengajar. Selalu diselingi dengan candaan-candaan. Namun walaupun begitu, materi mata kuliah ini tetap sangat susah di mata saya bahkan teman-teman saya.

Daripada saya salah menjelaskan mengenai mata kuliah ini, berikut saya ambil materinya dari browsing i-net. 🙂

Pengantar ilmu ekonomi mikro merupakan pembahasan konsep-konsep dasar ilmu ekonomi yang menyangkut aspek mikro. Mata kuliah ini bertujuan mengenalkan konsep dasar tentang mekanisme pasar, prilaku konsumen, prilaku produsen, dan berbagai bentuk pasar. Topik perilaku konsumen mencakup konsep utility, permintaan dan elastisitas permintaan. Sedangkan pembahasan tentang perilaku produsen meliputi fungsi penawaran, elastisitas penawaran, serta fungsi biaya. Dalam topik bentuk pasar dibahas bentuk pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoly, dan monopolistic.

ILMU EKONOMI MIKRO (MIKROEKONOMI)
Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu

ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuanharga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebutmempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akanmenentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawarandan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasikonsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar,akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwasemua hal lain tetap sama (ceteris paribus).

Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenyayang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumberterbatas diantara banyak penggunaan alternatif.

Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar, yaitu ketika pasar gagal dalammemproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yangdibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna.

Bidang-bidang penelitian yang penting dalam ekonomi mikro, meliputi pembahasanmengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalaminformasi asimetris,pilihan dalam situasi ketidakpastian, serta berbagai aplikasiekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenaielastisitas produk dalam sistem pasar.

Teori penawaran dan permintaan biasanya mengasumsikan bahwa pasar merupakanpasar persaingan sempurna. Implikasinya ialah terdapat banyak pembeli dan penjualdi dalam pasar, dan tidak satupun diantara mereka memiliki kapasitas untukmempengaruhi harga barang dan jasa secara signifikan. Dalam berbagai transaksi dikehidupan nyata, asumsi ini ternyata gagal, karena beberapa individu (baik pembelimaupun penjual) memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga. Seringkali,dibutuhkan analisa yang lebih mendalam untuk memahami persamaan penawaran-permintaan terhadap suatu barang. Bagaimanapun, teori ini bekerja dengan baikdalam situasi yang sederhana.

Ekonomi arus utama (mainstream economics) tidak berasumsiapr ior i bahwa pasarlebih disukai daripada bentuk organisasi sosial lainnya. Bahkan, banyak analisatelah dilakukan untuk membahas beragam kasus yang disebut “kegagalan pasar”,yang mengarah pada alokasi sumber daya yang suboptimal, bila ditinjau dari sudutpandang tertentu (contoh sederhananya ialah jalan tol, yang menguntungkan semuaorang untuk digunakan tetapi tidak langsung menguntungkan mereka untukmembiayainya).

sekian aja ya pengenalan singkat mengenai mata kuliah ini. Selanjutnya akan dibahas di kelas kuliah kalian nanti .. 😀

Leave a comment